Mau Jual Rumah? Berikut Cara Menaksir Rumah yang Ingin Dijual/ Dibeli

Indonesiaku- Menjual rumah yang anda miliki tidak akan semudah menjual barang dagangan di pasar, untuk membeli sebuah rumah baik yang baru ataupun yang bekas juga tidak akan semudah itu. Banyak prosedur dan trik yang harus anda ketahui sebelum menjual atau membeli tanah atau bangunan. Banyak orang yang tertipu saat membeli tanah atau bangunan yang dijual dengan harga yang murah namun tidak mengetahui kejelasan tanah atau bangunan tersebut, pada akhirnya yang akan disalahkan sepenuhnya adalah penjual. Namun tidak sepenuhnya salah penjual, memang penjual menipu namun salah pembeli juga yang tidak mengetahui seluk beluk barang yang dibelinya. Untuk itulah, sebelum anda menjual atau membeli tanah atau bangunan dari orang rang lain, hendaklah menjadi bijak dalam bertransaksi dan mengetahui seluk beluk harga rumah pada pasar saat ini. 


Tidak sedikit, orang yang sedang membutuhkan uang dalam jumlah besar kemudian menjual rumahnya tanpa mengetahui harga pasar yang sedang berlangsung. Bisa jadi, rumah yang anda jual nantinya, pada harga pasaran berikutnya akan meningkat. Apabila hal tersebut terjadi, maka anda akan merasa menyesal dan rugi dengan situasi tersebut. Oleh karena itu, anda harus jeli dalam menentukan harga rumah atau tanah yang hendak anda jual dan beli dari orang lain. Pengetahuan mengenai jual beli rumah dan tanah juga sangat diperlukan bagi anda yang akan atau sedang menjalani investasi terkait bangunan dan tanah yang nantinya dapat memberikan keuntungan bagi anda. Sebagai pembeli atau penjual, ada beberapa hal yang harus di analisis terlebih dahulu sebelum menjual atau membeli tanah dan bangunan yang ada.

Harga tanah atau bangunan yang ingin anda jual atau beli dapat anda ketahui melalui harga pasar di sekitar lokasi tanah atau bangunan yang hendak menjadi objek transaksi. Selain itu, untuk harga jual dan beli tanah atau bangunan akan memiliki harga yang berbeda pada pasarannya. Harga tanah dan bangunan yang ada saat ini juga bisa menjadi patokan anda dalam menentukan harga jual dan beli tanah atau bangunan. 


Berikut cara menentukan harga tanah dan bangunan sebelum anda menjual atau membelinya. 

  • Mengecek harga lahan disekitar dengan bertanya atau anda juga bisa mengecenya langsung ke bagian kantor pemerintah yang ada pada daerah sekitar.
  • Ketersediaan tanah juga harus dicek di lokasi sekitar. Apakah tersedia lahan yang hendak dibeli. 
  • Perhatikan juga pihak lain yang juga mengincar tanah yang akan anda beli pada daerah tersebut. 
  • Bukti status kepemilikan tanah dan sertifikat lain yang mendukung agar tidak dianggap anda membeli tanah illegal. 
  • Struktur tanah juga harus anda ketahui, guna melihat apakah tanah tersebut dapat dengan mudah longsor. 
  • Sifat atau jenis tanah yang akan anda beli. Apakah tanah tersebut tanah liat atau tanah yang subur. Guna menentukan untuk apa anda membeli lahan tersebut. 
  • Bentuk tanah juga mempengaruhi harga lahan. Orang biasanya menyukai tanah yang berbentuk persegi panjang atau trapezium.
  • Lokasi tanah juga diperuntukan untuk mengetahui bangunan sekitar tanah, apakah dekat dengan pemukiman penduduk, fasilitas umum atau bangunan lainnya. 
  • Posisi tanah terhadap mata angina juga sering menjadi penilaian tersendiri untuk menentukan harga tanah. Posisi tanah yang mendapat banyak sinar matahari akan memiliki harga jual yang tinggi. 
  • Letak tanah, apakah terletak dekat dengan jalan raya atau bukan juga menjadi patokan untuk menentukan harga tanah. 
  • Mengecek fasilitas umum yang tersedia di lingkungan sekitar juga menjadi pendukung dalam menentukan harga tanah tersebut. 
  • Anda juga harus mengetahui tata kota atau rencana pembangunan beberapa tahun kemudian yang nantinya akan mempengaruhi harga tanah tersebut.
Selain beberapa penilaian yang harus anda ketahui untuk menentukan harga tanah yang dijual atau akan dibeli, anda juga harus mengetahui harga bangunan yang berada diatas tanah. Beberapa penilaian tersebut juga dapat menjadi patokan dalam menentukan harga rumah atau bangunan lain yang ingin anda jual atau beli

Berikut juga beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu :

  1. Keadaan bangunan atau rumah secara umum, meliputi tingkat kerusakan yang anda, karena rumah atau bangunan yang akan anda jual atau beli tidak semuanya masih abru, bangunan atau rumah akan mengalami kemerosotan tiap tahun. 
  2. Usia bangunan atau rumah tersebut juga dapat menjadi patokan dalam menentukan harga jual dan harga beli. Usia dari awal pembangunan sampai akan di jual atau dibeli juga harus dijelaskan. 
  3. Model bangunan dapat menjadi pilihan tersendiri dari beberapa orang. Favorit orang dalam menentukan suatu bangunan atau rumah akan berbeda-beda. Ada yang menyukai bangunan tradisional ada juga yang menyukai bangunan bergaya modern dan lain-lain.
  4. Kelengkapan infrastruktur bangunan atau rumah menjadi hal penting dalam menentukan harga bangunan tersebut. fasilitas seperti akses air bersih yang mudah, dan listrik menjadi pertimbangan penting dalam menentukan harga.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.