Berikut Cara Servis Di Bengkel Motor yang Resmi


Bengkel motor menjadi tempat yang harus dikunjungi para pengendara untuk menyervis kendaraan. Karena sepeda motor tentunya membutuhkan perawatan yang berkala agar nantinya bisa terus digunakan dengan baik dan tidak cepat rusak.

Setiap perusahaan sepeda motor juga membuka bengkel resminya di seluruh daerah tanah air. Ini sebagai bentuk layanan bagi para konsumen setelah penjualan produk motornya laku. Salah satu merek terkenal yang membuka bengkel resmi yaitu Yamaha. Sebagai pengguna motor yang baik, maka sudah sepatutnya Anda merawat motor di bengkel pilihan.


Jika Anda memilih untuk melakukan servis di bengkel motor resmi, tentu tata caranya berbeda dengan tata cara servis motor di bengkel umum yang menerima semua merk motor. Di bengkel umum, Anda hanya perlu datang saja dan memberitahukan pada penjaga atau mekanik bengkel untuk melakukan apa yang diinginkan, menunggu giliran, lalu sepeda motor akan diservis, dan Anda tinggal membayar.

Di bengkel yang resmi terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, dan setiap satu bengkel dengan bengkel lainnya memiliki tahapan yang berbeda. Berikut ini beberapa tahapan yang akan dilalui jika menyervis motor di bengkel resmi

1.      Tahap persiapan awal sebelum berangkat ke bengkel

Yang perlu Anda siapkan adalah surat-surat atau dokumen sepeda motor yang dimiliki, misalnya KTP, STNK sepeda motor, kartu garansi, dan buku perawatan motor (ini berlaku jika motor masih baru dan mendapat servis awal yang gratis).

Pastikan bengkel buka dan masih menerima pendaftaran untuk servis, Anda bisa memastikannya dengan menelepon ke bengkel resmi tersebut jika perlu.

2.      Tahap pendaftaran di loket

Setelah sampai di bengkel motor yang resmi, Anda bisa mencari loket pendaftaran servis motor. Lalu temui petugas dan katakan keinginan untuk servis motor Anda. Nantinya, petugas akan meminta dokumen atau surat-surat motor seperti STNK asli dan juga kunci sepeda motor, selain itu juga meminta buku perawatan motor, jika Anda menginginkan layanan servis gratis dan motor masih baru. Jika sudah selesai proses pendaftaran, maka Anda akan diberikan nomer antrian servis motor.

 3.      Tahap perbaikan atau perawatan oleh mekanik

Setelah motor telah mendapat giliran diservis oleh mekanik, Anda bisa menemani mekanik untuk memastikan apakah keinginan Anda sudah terwujud ataukah belum. Anda juga bisa menyampakan keluhan atau masalah mengenai sepeda motor yang biasa digunakan tersebut. Sepeda motor Anda nantinya akan dicoba oleh mekanik setelah selesai diservis.

     4.      Tahap pasca perbaikan

Setelah sepeda motor Anda sudah selesai diservis atau diperbaiki, maka Anda hanya perlu memberikan nomer antrian pada oetugas dan mengatakan jika motor sudah selesai diservis. Petugas akan menghitung berapa biaya perbaikan atau servis mtoro dan menagihnya kepada Anda. Setelah Anda membayarnya, lalu petugas akan memberikan dokumen dan kunci motor serta menyertakan bon atau struk pembayaran.

Setelah semua selesai, Anda bisa pulang dan menyimpan dokumen di tempat aman agar mudah diingat untuk servis selanjutnya.

Itu dia tahapan-tahapan dalam menyervis di bengkel motor yang resmi. Semoga bermanfaat untuk Anda yang belum pernah datang dan servis motor di bengkel resmi. Nah, jika merek motor Anda adalah Yamaha bisa datang ke bengkel resmi yang ada di seluruh daerah di Indonesia. Jika Anda berdomisili di kota Madiun, bisa datang ke bengkel Yamaha Service and Spare Part Kusuma Motor, jl. H. Agus Salim No. 47 Kota Madiun.

Tentunya servis akan lebih nyaman jika Anda memilih di bengkel resmi. Selain pelayanannya yang ramah, Anda juga tidak akan khawatir jika motor dalam penanganan yang salah, karena mekanik sudah pasti berpengalaman dan tidak akan mengecewakan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.