Jenis Sayuran Terbaik Untuk MPASI 6 Bulan


MPASI 6 bulan


Selain ASI, pada saat bayi memasuki usia 6 bulan, makadia sudah memerlukan makanan pendamping ASI. Perlu anda ketahui, ASI ini hanya bisa untuk memenuhi 60 sampai dengan 80 persen kebutuhan gizi dari bayi tersebut. Masa pemberian MPASI sangatlah penting dalam mengenalkan anak untuk mengunyah, supaya ia tidak menolak jenis makanan yang diberikan. Pada umumnya, bayi yang usianya sudah memasuki 6 bulan sudah terlihat memiliki keterampilan mengunyah yang sederhana. Selanjutnya, pada usia yang ke 7 bulan, bayi tersebut akan menggigit sebab giginya telah mulai tumbuh. Pada saat usia 8 serta 9 bulan, keterampilan anak mengunyah bisa lebih baik. Anda bisa memberikan MPASI dengan bertahap sesuai dengan keterampilan makan bayi.

Sayuran MPASI 6 Bulan

Pada saat usia bayi memasuki 6 bulan, coba terlebih dulu kenalkan sayuran-sayuran kepada bayi ketika ia mulai mengonsumsi MPASI. Sebab,  sayuran itu mudah sekali untuk dicerna. Kemudian sayuran juga memiliki rasa manis alami, lembut teksturnya apabila dibuat pure. Berikut ini jenis sayuran yang baik untuk MPASI 6 bulan.

1. Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang baik untuk dijadikan MPASI 6 bulan. Sebab, di dalam sayuran wortel ini terdapat kandungan beta karotena, vitamin A yang penting sekali dalam menjaga kesehatan kulit, mata, serta menjaga kekebalan tubuh. Wortel bisa anda campur dengan jenis makanan yang lain. Sebelum anda mengolah wortel untuk menu MPASI 6 bulan, terlebih dulu kupas wortel, selanjutnya cuci kemudian potong kecil-kecil.  Masukkanlah pada air yang mendidih. Atau, kukus wortel sampai benar empuk.  Anda bisa menghaluskan wortel menggunakan blender dengan air bekas rebusannya. Sesuaikan dengan kekentalan yang anda kehendaki.

2. Kentang

Kentang juga baik untuk dijadikan MPASI 6 bulan, sebab banyak terdapat kandungan serat, vitamin C, vitamin B6, zat besi, serta fosfor. Pilihlah kentang yang kondisinya mulus, jangan memilih kentang yang warnanya kehijauan sebab rasanya akan pahit.  Dalam mengolahnya sebaiknya anda kupas, cuci bersih dan kukus hingga empuk. Anda bisa mencampurnya dengan menggunakan ASI atau air. Untuk hasil yang bagus, maka sebaiknya kentang ditumbuk dengan menggunakan alat tumbuk saja.

3. Labu Kuning

Labu kuning rasanya manis dan memiliki tekstur lembut. Di dalam sayuran ini terdapat banyak kandungan serat, beta karotena, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kandungan yang tedapat pada labu kuning ini bisa mencegah penyakit jantung , stroke, serta sumber kalori yang rendah gula. Ketika anda memilih labu kuning, pilihlah labu dengan gagang yang tidak lembek. Sebelum mengolahnya,  anda dapat mengupas kulitnya  selanjutnya anda bisa potong-potong kecil. Kukus hingga benar-benar empuk, lalu haluskan bersama air rebusannya tadi. Anda bisa memberikan air sesuai dengan kekentalan yang anda inginkan.

4. Labu Madu

Labu madu juga merupakan jenis sayuran yang baik anda gunakan untuk membuat menu MPASI 6 bulan dan hampir sama dengan labu kuning. Di dalam labu ini juga terdapat banyak kandungan nutrisi seperti halnya serat, vitamin C, vitamin B6, potasium. Manaatnya bisa untuk mencegah penyakit jantung, bisa juga untuk memperkuat kekebalan tubuh. Dan ketika  membeli labu madu, sebaiknya anda memilih labu yang sudah benar-benar tua agar rasanya manis. Terlebih dahulu kupas labu madu ini sebelum memasaknya, selanjutnya anda bisa potong kecil-kecil. Kemudian rebus pada air mendidih. Anda juga dapat mengukusnya sampai benar-benar lembut. Haluskan bersama air rebusannya. Sayuran MPASI 6 bulan ini sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.