Tahukah Anda? Quinoa Adalah Super Food yang Bernutrisi Tinggi dan Wajib Dikonsumsi


Quinoa

Apa yang Ada dalam benak Anda ketika mendengar kata Quinoa? Sedikit asing namun, nyataya Quinoa adalah sejenis tumbuhan yang masuk dalam kategori biji-bijian yang tak pembudidayaannya sangatlah sulit. Tak hanya itu, kandungan nutrisinyapun sangat tinggi. Sehingga, makanan ini masuk dalam superfood.

Quinoa adalah jenis serealia semu yang, dijadikan bahan pangan pokok bagi masyarakat Indian, Amerika Selatan tepatnya di Pegunungan Andes. Kenapa disebut semu? Karena biji Quinoa tidak masuk kedalam suku padi-padian. Namun, daunya tetap dapat dimakan layaknya bayam biji.

Quinoa (baca :Kinoa) memiliki nama ilmiah Chenopodium quinoa dari famili Amaranthaceae, kingdom Plantae. Tanaman ini masuk kedalam ordo Caryophyllales. Kinoa terdiri dari 3 jenis yakni; merah, putih dan hitam. Kinoa putih banyak ditemui di pasaran. Teksturnya lebih soft serta memiliki rasa manis, dibandingkan kinoa merah dan hitam.

Tanaman yang telah ada sejak 5000 tahun silam ini merupakan tanama  asli wilayah regional Ekuador, Bolivia, Kolombia serta Andea  Peru. Namun, saat ini penghasil kinoa terbesar hanya di Bolivia, Peru, dan Amerika Serikat khususnya Colorado dan Nevada.

Kinoa ditanam di kawasan pantai di Chili pada ketinggian  4000 meter di Pegunungan Andes dekat dengan ekuador, namun ada juga yang dapat menanamnya sekitar 2500 meter DPL. Kinoa akan tumbuh secara optimal pada temperatur dingin-sejuk yang pas yakni; antara -4 oC hingga 35 oC. 

Akan tetapi, beberapa dapat bertahan pada temperatur yang lebih rendah. Perlu diperhatikan, meski cocok di iklim dingin, Quinoa tidak cocok di suhu yang beku kaeena akan mengganggu bunga sehingga pollen menjadi steril. Curah hujan yang dibutuhkan antara; 300 hingga 1000 mm selama masa perkecambahan dan pertumbuhan agar lebih optimal. Untuk masa kering dibutuhkan selama proses pembentukan biji hingga permanen.

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi Quinoa ini sekarang banyak dikembangkan di negara lain. Seperti ; Swedia, Denmark, Prancis, Belanda, Italia, Inggris; Kenya, daerah Himalaya, dan utara India.

Apa saja kandungan gizi di dalam Quinoa?
Quinoa tinggi protein, serta kandungan lemak tak jenuh,  kaya serat, serta berbagai mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, memiliki tingkat protein paling tinggi dibanding biji-bijian lainnya. 

Delapan asam amino esensial yang terkandung dalam Quinoa dinilai sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak serta orang dewasa.  8  jenis asam amino itu meliputi ; isoleucin,methionine, phenylalanin, leucine, lysine,  threonine, tryptophan, serta valine. 

Quinoa juga mengandung asam lemak esensial omega 3 (linolenic) dan asam lemak esensial omega 6 (linoleic). Linolenic dan linoleic disebut asam lemak esensial karena tubuh kita tidak mampu memproduksi sendiri. Sehingga membutuhkan asupan dari luar. Selain itu, Quinoa sarat kandungan serat serta vitamin dan mineral.

Apa fungsi Quinoa Bagi Kesehatan?
Bagi Anda yang sedang menjalankan diet gluten, superfood satu ini sangat direkomendasikan. Quinoa mampu menggantikan kebutuhan karbohidrat tubuh kita. Quinoa juga sangat baik bagi penderita Diabetes. Kandungan seratnya yang tinggi mampu membantu proses pelepasan guka kedalam pembuluh darah menjadi lebih lambat. sehingga kerja Insulin tidak terganggu dan berat.

Bagaimana cara Memasak Quinoa?
Cara memasak quinoa sangatlah mudah. Rendam sebentar biji Quinoa, diamkan semalam. Setelah air rendaman dibuang rebua Quinoa dengan takaran 1 gelas quinoa : 2 gelas air. Cukup rebus antara 15 menitan, atau air terserap sempurna dan Siap untuk disantap. Karena rasanya yang tawar Quino sering juga dibuat topping maupun cemilan.

Kesimpulannya, Quinoa adalah jenis suoerfood yang wajib dikonsumsi tubub kita, karena kandungan gizinya yang mendekati sempurna.
Nah, apakah Anda tertarik mencoba Superfood satu ini?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.